10 Tips Keuangan Ampuh.

10 Tips Keuangan Ampuh. Sudah sering kita membaca artikel tentang keuangan, perencana keuangan dan investasi di banyak media. Hanya saja jarang yang memberikan tips dan trik yang aplikatif dan langsung bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kali ini saya akan membuat beberapa seri tentang Tips Keuangan yang ampuh yang sering diberikan oleh para master dan guru Perencana Keuangan di seluruh dunia.

1. Belanja Lebih Rendah Dari Penghasilan, Invest Selisihnya dalam Portfolio Investasi, Dan Anda akan Pensiun Nyaman
Tips di atas terdengar mudah untuk dilaksanakan, pada prakteknya ternyata sulit sekali. Banyak orang yang kelabakan hanya untuk bisa menjalankan langkah pertama yaitu menekan pengeluaran lebih rendah dari penghasilan.

Padahal banyak orang tahu dan mengerti bahwa kunci sukses dari merencanakan keuangan adalah agar pengeluaran kita lebih rendah daripada penghasilan kita sehingga akan diperoleh selisih nominal dana yang bisa kita investasikan.

2. Lakukan Simulasi Timbangan Sebelum Anda Belanja
Bagaimana cara melakukan hal di atas? Ketika anda besok ingin belanja atau membeli barang karena kepengen saja alias boros alias belanja tidak penting, maka lakukan simulasi ini.

Pertama letakan barang belanjaan yang ingin anda beli di tangan kiri. Lalu letakkan uang cash atau kartu ATM (uang cash lebih baik) di tangan sebelah kanan. Lalu liat kedua tangan anda dan tanyakan dalam hati, mana yang ingin anda miliki? Jawabannya biasanya di atas 80% ingin memiliki uang tersebut dibandingkan barang.

3. Ketika Anda Bingung Memilih Produk Investasi, Bandingkan Biaya (Fee) nya dan Pilih Yang Paling Rendah
Ingat, biaya alias fee adalah apa yang kita bayarkan ke institusi keuangan pemilik dari produk tersebut. Dan biaya / fee yang besar otomatis akan memotong hasil investasi anda. Itu sebabnya penting untuk selalu memilih fee yang kecil.

Dan jangan lupa untuk kasus tertentu di mana suatu produk mempunyai beberapa jenis fee, jumlahkan seluruh feenya untuk mendapatkan angka yang akurat.

4. Hati-hati Dengan Biaya Bunga
Salah satu biaya terbesar yang harus dibayarkan oleh seseorang adalah biaya bunga atas transaksi utang untuk membeli suatu barang karena faktor gengsi dan untuk pamer ke orang lain. Belanja sesuai kebutuhan anda dan selalu bayar tunai. Bila belum ada uangnya kumpulkan terlebih dahulu dan setelah terkumpul belilah dengan tunai.

5. Cari Hobi Yang Murah
Anda suka olah raga? Cari hoby yang murah dan menyenangkan sehingga kantong anda juga tidak ikutan kempes. Hoby seperti jalan cepat, jogging, lari, hiking. Bersepeda adalah salah satu contoh hobi yang tidak memerlukan biaya yang besar.

Tentu saja anda tidak perlu membeli sepatu lari professional yang harganya sampai dengan jutaan rupiah, cukup sepatu olah raga biasa saja. Invest selisih dana yang anda bisa hemat dari hoby anda tersebut dan lihat uang anda berkembang biak menjadi banyak.

6. Ketika Motivasi Turun, Pikirkan Uangnya atau Apa Yang Bisa Anda Dapatkan/Lakukan Dengan Uang Tersebut
Menabung dan berinvestasi membutuhkan waktu yang lama dan panjang untuk menjadi besar. Sering kali banyak orang yang gagal di tengah jalan.

Ketika keinginan untuk berhenti itu hinggap yang harus anda lakukan adalah liat saldo investasi anda, bayangkan uangnya, dan bayangkan apa yang bisa anda lakukan dengan uang itu nanti setelah terkumpul lebih banyak lagi. Hal simple seperti ini biasanya akan membangun kembali motivasi anda untuk berinvestasi.

7. Ketika Invest di Produk Bursa, Jangan Sok-sokan bisa Mengalahkan Pasar
Para guru investasi sudah sering mengatakan bahwa untuk bisa mengalahkan pasar dan mengalahkan investor lain strateginya Cuma satu, yaitu dollar cost averaging. Apa itu? Artinya apapun yang terjadi dengan pasar (naik atau turun) anda akan selalu secara konsisten membeli di waktu yang sama dengan nominal uang yang sama.

8. Ketika Invest Ke Saham Perusahaan, Hanya Pilih Perusahaan Yang Produknya Bisa Anda Jelaskan Ke Anak Kecil (SD)
Ketika anda mulai berinvestasi atau trading saham, anda cenderung akan terbawa arus untuk invest di saham yang perusahaanya cenderung tidak anda kenal bisnisnya. Hal ini berbahaya karena dengan cara ini anda cenderung ber spekulasi pada perusahaan yang anda tidak tahu jenis usahanya.

9. Ketika Investasi Jangan Pakai Baper, Pakai Saja Logika
Banyak orang ketika berinvestsai (terutama trading) menggunakan perasaan. Akibatnya mereka tidak bisa melihat dan berpkir jernih untuk mengambil keputusan investasi. Gunakan logika atas transaksi investasi anda. Bila waktunya harus “cabut” jual investasi anda, jangan tunggu lebih lama dan jangan baperan.

10. Hanya Investasi Pada Bisnis Yang Anda Ketahui
Sama seperti Tips nomor delapan di atas, berinvestasi pada bisnis atau perusahaan yang kesannya keren dan bagus padahal anda tidak mengerti jenis usahanya adalah keputusan spekulasi. Pelajari dan kenali bisnisnya, bila anda ragu-ragu atau tidak paham, jangan invest di situ.

Dikutip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!