Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Beri Cokelat untuk Camilan si Kecil

Anak ngemil boleh-boleh saja dong, asal camilannya nggak sembarangan. Saat anak ngemil cokelat juga boleh lho, tapi ada hal-hal yang perlu kita perhatikan nih, Bun.

“Sebaiknya pilih cokelat yang kandungan kakaonya 70 persen,” saran Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, dalam Kidzania Chocolate Creation with Silver Queen di Kidzania, Pacific Place.

Kenapa harus yang 70 persen? Kata Rita, agar anak-anak dapat manfaat sehat dari cokelat yang dimakan.

Lalu gimana kita tahu ya cokelat yang dimakan anak kandungan kakaonya 70 persen? Rita bilang, bisa dilihat di label kemasannya, Bun. Sering tuh ditulis: dibuat menggunakan 70 persen cokelat.

Selain itu biasanya kalau cokelat dibuat menggunakan 70 persen kakao, rasanya dominan pahit. Jadi kalau kita makan cokelat justru dominan manis, bisa jadi itu cokelat abal-abal karena kandungan kakaonya sedikit, dan justru lebih banyak campuranny, seperti gula yang lebih banyak.

“Cokelat yang 70 persen, 30 persennya itu lemak tambahan nabati dan lainnya termasuk gula,” sambung Rita.

Kalau makan cokelat untuk rekreasi, maka yang kandungan kakaonya 50 persen masih oke kok, Bun. Yang nggak oke itu kalau kandungan kakaonya cuma 30 persen, soalnya bisa jadi yang dimakan anak kebanyakan adalah gula.

“Kalau kandungan cokelatnya nggak 70 persen, biasanya malah bisa menaikkan asam lambung karena dominan gula dan lemak jenuh,” terang Rita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!